Jangan Takut Gagal

Semua orang pasti pernah merasakan kegagalan. Jangan pernah takut untuk gagal, karena sebenarnya kegagalankegagalan adalah pelajaran untuk kita agar tidak mengulangi kegagalan atau kesalahan yang pernah kita lakukan sebelumnya.Banyak orang melihat kegagalan sebagai kesalahan, bukan sebagai kesempatan, kesempatan untuk bangkit kembali dari sebuah kegagalan.Tapi bagaiman anda menyikapi kegagalan ketika berbagai ujian menguji kehidupan anda dengan berbagai halangan dan rintangan? Sikapi kegagalan sebagai peluang untuk mencapai kesuksesan dengan tujuan yang lebih baik. Kegagalan akan memberi anda manfaat pelajaran sebagai berikut ;

Pelajari Setiap LangkaH

Belajar sesuatu yang baru adalah sesuatu yang menakutkan. Contoh: jika Anda memulai pekerjaan baru dan harus belajar software baru yang belum pernah Anda gunakan sebelumnya, Anda akan mengalami kesulitan. Seiring waktu, setelah membuat beberapa kesalahan di sana-sini, Anda akan belajar dengan cepat langkah apa yang harus diambil dan memperpendek kurva belajar dari setiap kegagalan yang Anda alami. Dalam proses ini, Anda membuat catatan mental untuk diri sendiri untuk menghindari kesalahan tepat pada waktunya. “Sekali Anda belajar bagaimana naik sepeda, Anda tidak akan pernah lupa”.


Pengalaman Sebelumnya
Tidak ada orang yang ingin membuat kesalahan sehingga orang-orang ingin mencari jawaban supaya mereka tidak mengulangi kesalahan yang sama. Pikirkan tentang produk yang kita beli dan bayar untuk mendapatkan sebuah nasihat. Berapa banyak seminar yang kita ikuti dan buku-buku yang kita baca untuk membantu kita belajar dari orang-orang yang telah mengalami kegagalan yang sama? Pengalaman yang kita pelajari dari orang lain akan membantu kita menentukan pilihan yang lebih baik untuk mencapai tujuan. “Jangan meragukan apa yang sudah Anda ketahui,  pengalaman Anda adalah kekayaan informasi yang tak ternilai harganya”.

Sang Pemecah Masalah
Ketika kita membuat kesalahan, kita belajar bagaimana untuk mengajukan pertanyaan yang tepat dan menjadi seorang pemecah masalah yang lebih baik. Jika Anda gagal pada kesempatan berikutnya, Anda belajar untuk melihat situasi dalam perspektif yang berbeda dari sebelumnya. Anda belajar bagaimana untuk berpikir di luar kotak dan menghasilkan ide-ide unik yang tidak terpikirkan sebelumnya. Semakin banyak masalah yang Anda pecahkan, Anda akan semakin hebat sebagai Sang Pemecah Masalah.
Lebih Perhatian
Ketika kita gagal, kita cenderung untuk melihat peluang yang mungkin terlewatkan oleh orang lain. Anda memiliki mata yang tajam untuk memperhatikan hal-hal detail dan fokus pada apa yang paling penting. Hal ini menuntun kita untuk mencari nasihat dan mengajukan pertanyaan yang disertai kemauan untuk belajar.
Anda Belajar Beradaptasi
Masalah atau kegagalan memaksa Anda untuk beradaptasi dengan situasi dengan sangat cepat. Pikirkan tentang terakhir kali Anda mencoba sesuatu yang Anda pikir Anda tidak bisa lakukan. Manfaat dari kegagalan memaksa Anda untuk mencoba hal-hal di luar zona kenyamanan Anda. “Anda tidak akan sukses jika Anda tidak mencoba”.
Pengembangan Diri
Ketika kita mencoba hal-hal baru, kita memperbesar tingkat toleransi. Hal-hal yang dulunya mengganggu, tidak akan banyak mempengaruhi lagi karena kita telah mengalami rasa sakit atau kerugian atau kegagalan. Hal ini membantu kita menghindari menghabiskan waktu mengkhawatirkan hal-hal yang kita tidak bisa ubah dan membantu untuk fokus pada hal-hal yang dapat kita ubah.
Anda Pikirkan Anda Paling Hebat
Kadang sulit bagi sebagian orang untuk membiarkan orang lain menjadi pemimpin. Beberapa dari kita merasa perlu untuk tetap memegang kendali ketika kita membiarkan orang lain untuk memimpin dan mendelegasikan. Ego kita akan menghasilkan ilusi kepuasan. Jika Anda pikir Anda tidak bisa sukses tanpa bantuan orang lain sepanjang jalan, Anda akan berada dalam kesulitan. Periksa ego Anda sebelumnya.
Jadi Pribadi Yang Terbuka
Pikirkan tentang semua postingan blog yang sudah pernah kita baca. Berapa banyak posting blog, seminar dan pameran dagang yang telah Anda hadiri dengan harapan belajar sesuatu yang baru? Memecahkan suatu masalah? Membantu Anda mengembangkan bisnis Anda? Ketika kita menjadi pribadi yang terbuka, Anda akan belajar bagaimana untuk menyaring informasi yang berharga.
Balas Budi
Membantu orang lain adalah tindakan yang menyenangkan. Hal ini memberi kepuasan dimana kita bisa membantu seseorang yang menghadapi permasalahan yang sama yang sudah pernah kita alami. Ketika kita membantu orang lain, kita sudah tahu dan memahami masalah-masalah yang mereka hadapi. Kita dapat menawarkan saran dan menjadi mentor bagi mereka yang bersedia untuk menerima saran kita untuk menghindari kesalahan berharga di kemudian hari.
Ketekunan / persistensi
Steve Jobs dan Thomas Alfa Edison dalah contoh yang sangat baik dari ketekunan. Tidak peduli berapa kali mereka gagal atau meleset dari target, mereka bangkit dan mencoba lagi. Berapa kali kita gagal mencapai sesuatu dan kembali bangkit? Setiap kali Anda bangkit kembali, Anda berusaha untuk menyelesaikan sesuatu. Itulah arti ketekunan.
Anda 100% gagal jika Anda tidak mencoba. Kegagalan adalah langkah menapaki anak tangga menuju kesuksesan.

No comments:

Post a Comment